arena

Friday

Tata Cara Shalat Istikharah


Sebelumnya kita pernah membahas tentang tata cara sholat tahajud dan tata cara sholat dhuha. Kali ini kita akan membahas tentang Shalat Istikharah. Bagaimana tata caranya? Berikut pembahasannya.

Tata Cara Shalat Istikharah

Dalam hidup ini, kita kadang dihadapkan pada berbagai pilihan yang tentu membingungkan kita. Salah satu ajaran dalam Islam dalam memilih adalah dengan diajarkannya shalat Istikharah. Istikharah artinya meminta pilihan. Sholat istikharah adalah shalat untuk meminta pilihan kepada Allah.

Salat Istikharah adalah salat sunnat yang dikerjakan untuk meminta petunjuk Allah oleh mereka yang berada di antara beberapa pilihan dan merasa ragu-ragu untuk memilih atau saat akan memutuskan sesuatu hal.

Seseorang dapat salat istikharah untuk menentukan dimana ia kuliah, siapa yang lebih cocok menjadi jodohnya atau perusahaan mana yang lebih baik ia pilih. Setelah salat istikharah, maka dengan izin Allah pelaku akan diberi kemantapan hati dalam memilih.

Nah, berikut adalah Tata Cara Shalat Istikharah selengkapnya:

1. Para ulama menjelaskan bahwa tatacara shalat istikharah adalah seperti sholat sunnah biasa, dijalankan dalam dua rakaat.

2. Tidak ada waktu khusus untuk melaksanakannya, seperti jadwal sholat wajib, namun shalat istikharah disunnah serta merta saat seseorang menghadapi masalah. Imam Nawawi, Ibnu Hajar dan Imam Iraqi mengatakan, sah melaksanakan istikharah yang dibarengkan dengan sholat sunnah lainnya asalkan dengan niat. Misalkan seseorang hendak melaksanakan sholat sunnah rawatib lalu ia juga niat untuk istikharah maka itu sah. (Fathul Bari 11/221).

3. Selesai melaksakan shalat lalu membaca doa setelah sholat. Tidak ada bacaan khusus atau surat khusus dalam shalat Istikharah. Beberapa refrensi menyebutkan ada raka'at pertama, setelah membaca al-Fatihah disunatkan membaca surat al-Kaafiruun, dan pada raka'at kedua (setelah al-Fatihah) membaca surat al-Ikhlas. Itu mengikuti shalat hajat karena Istikharah termasuk shalat hajat.

4. Begitu juga diperbolehkan mengulang-ulang shalat Istikharah karena itu termasuk doa dan dalam beberapa riwayat Rasulullah saw mengulang doa terkadang sampai tiga kali.

5. Bagi yang berhalangan melaksanakan shalat, misalnya perempuan yang sedang datang bulan, maka diperbolehkan baginya untuk hanya membaca doa Istikharah.

Nah, semoga dengan melaksanakan Shalat Istikharah ini, Anda akan mendapatkan atas semua jawaban yang ingin Anda pilih nantinya. Semoga Allah mengabulkan doa-doa kita. Amin.

0 comments:

Post a Comment