arena

Wednesday

Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan


Kunyit atau dikenal juga dengan kunir merupakan salah satu tanaman rempah dan obat, habitat asli tanaman ini meliputi salah satunya wilayah Indonesia. Manfaat Kunyit untuk Kesehatan banyak sekali, sama seperti Manfaat Daun Sirih.

Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan
Beberapa Manfaat Kunyit antara lain untuk mendinginkan badan, membersihkan, mempengaruhi bagian perut Khususnya pada lambung, merangsang, melepaskan lebihan gas di usus, menghentikan pendarahan dan mencegah penggumpalan darah, selain dari itu juga digunakan sebagai bahan dalam masakan.

Tanaman yang memiliki nama Curcuma longa Linn. syn. Curcuma domestica Val. ini memiliki penyebaran ke daerah Malaysia, Indonesia, Australia bahkan Afrika. Mungkin hampir setiap orang Indonesia serta bangsa Asia umumnya pernah mengonsumsi tanaman rempah ini, baik sebagai pelengkap Resep Masakan, jamu atau untuk menjaga kesehatan dan kecantikan.

Nah, berikut ini adalah beberapa Manfaat Kunyit untuk Kesehatan yang harus Anda ketahui. Berikut selengkapnya:

1. Penyakit Diabetes
Bahan : 3 rimpang kunyit, 1/2 sendok the garam
Cara membuat: kedua bahan tersebut direbus dengan 1 liter air sampai mendidih, kemudian disaring. Cara menggunakan: diminum 2 kali seminggu 1/2 gelas.

2. Tifus
Bahan : 2 rimpang kunyit, 1 bonggol sere, 1 lembar daun sambiloto
Cara membuat : Semua bahan tersebut ditumbuk halus dan dipipis, kemudian ditambah 1 gelas air masak yang masih hangat, dan disaring. Cara mengunakan : diminum, dan dilakukan selama 1 minggu berturut-turut.

3. Usus buntu
Bahan : 1 rimpang kunyit, 1 butir buah jeruk nipis, 1 potong gula kelapa/aren. Garam secukupnya. Cara membuat : Kunyit diparut dan jeruk nipis diperas, kemudian dicampur dengan bahan yang lain dan disedu dengan 1 gelas air panas, kemudian disaring.
Cara menggunakan : diminum setiap pagi setelah makan, secara
teratur.

4. Disentri
Bahan : 1-2 rimpang kunyit, gambir dan kapur sirih secukupnya. Cara membuat : semua bahan tersebut direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas kemudian disaring. Cara menggunakan : diminum dan diulangi sampai sembuh.

5. Mengatasi Keputihan
Bahan : 2 rimpang kunyit, 1 genggam daun beluntas, 1 gagang buah asam, 1 potong gula kelapa/aren. Cara membuat : semua bahan tersebut direbus dengan 1 liter air sampai mendidih, kemudian di saring. Cara menggunakan :diminum 1 gelas sehari.

6. Haid tidak Teratur
Bahan : 2 rimpang kunyit, 1/2 sendok Teh ketumbar, 1/2 sendok Teh biji pala, 1/2 genggam daun srigading. Cara membuat : semua bahan tersebut ditumbuk halus kemudian direbus dengan 1 liter air sampai mendidih, kemudian disaring. Cara menggunakan:diminum 1 gelas sehari.

7. Perut mulas pada saat haid
Bahan : 1 rimpang kunyit sebesar 4 cm, 1 rimpang jahe sebesar 4 cm, 1/2 rimpang kencur sebesar 4 cm. Cara membuat : semua bahan tersebut dicuci bersih dan diparut untuk diambil airnya, kemudian di tambah dengan perasan jeruk nipis, diseduh dengan 1/2 gelas air panas dan disaring. Cara menggunakan : ditambah garam dan gula secukupnya dan diminum pada hari pertama haid.

8. Memperlancar ASI
Bahan : 1 rimpang kunyit. Cara membuat : kunyit ditumbuk sampai halus. Cara menggunakan : dioleskan sebagai kompres diseputar buah dada 1 kali setiap 2 hari.

9. Cangkrang (Waterproken)
Bahan : 2 rimpang kunyit, 1 genggam daun eceng, Cara Membuat : semua bahan tersebut ditumbuk sampai halus. Cara menggunakan : dioleskan pada bagian yang kena cangkrang.

10. Amandel
Bahan : 1 rimpang kunyit, 1 butir jeruk nipis, 2 sendok madu. Cara membuat : Kunyit diparut, jeruk diperas untuk diambil airnya, kemudian dicampur dengan madu dan 1/2 gelas air hangat, diaduk sampai merata dan disaring. Cara menggunakan:diminum secara rutin 2 hari sekali.

11. Berak lendir
Bahan : 1 rimpang kunyit, 1 potong gambir, 1/4 sendok makan kapur sirih. Cara membuat : semua bahan tersebut direbus bersama dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas dan disaring. Cara menggunakan: diminum 2 kali sehari 1/2 gelas, pagi dan sore

12. Morbili
Bahan : 1 rimpang kunyit dan 1 rimpang dringo bengle. Cara membuat : kedua bahan tersebut ditumbuk bersama sampai halus. Cara menggunakan : dioleskan pada seluruh badan sebagai bedak

Nah, itulah beberapa Manfaat Kunyit untuk Kesehatan yang mungkin bermanfaat untuk Anda. Tetaplah menjaga kesehatan dengan Pola Hidup Sehat, salah satunya adalah dengan selalu menggunakan bahan alami yang berasal dari alam. Di sekitar kita banyak sekali tanaman yang sangat bermanfaat untuk kita. Alam sudah menyediakannya untuk kita dan kita harus bisa memanfaatkannya. Salam sehat.

Oh iya, sebentar lagi kita akan segera memasuki bulan suci Ramadhan, ayo lihat Jadwal Puasa Ramadhan 2012 selengkapnya di blog ini. Semoga semua amal kita diterima oleh Allah SWT. Amin.

0 comments:

Post a Comment