arena

Thursday

Jamur yang Bisa Dimakan


Jamur pada dasarnya adalah tumbuhan yang tidak mempunyai klorofil sehingga bersifat heterotrof, berbeda dengan Daun Sirih yang mengandung zat hijau daun. Jamur dibagi menjadi dua macam yaitu yang uniseluler dan multiseluler. Pada tubuh jamur terdapat benang-benang yang disebut hifa. Nantinya hifa tersebut akan membentuk anyaman bercabang-cabang yang disebut miselium.

Jamur yang Bisa Dimakan
Sekalipu jamur adalah makhluk yang bersifat parasit obligat, parasit fakultatif, atau saprofit, namun ada beberapa jenis Jamur yang Bisa Dimakan. Jamur banyak mengandung protein. Tidak semua Jamur bisa dimakan, karena ada jenis jamur yang tumbuh sembarangan dan ternyata beracun. Ada beberapa daerah di Indonesia menjadikan jamur sebagai salah satu Wisata Kuliner, sehingga banyak sekali kita melihat budidaya jamur.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda lebih mengenal beberapa jenis-jenis jamur yang bisa dimakan agar tidak menyebabkan keracunan. Nah, berikut adalah beberapa jenis Jamur yang Bisa Dimakan dengan rasanya yang lezat dan tentunya tak beracun.

1. Jamur kancing.
Jamur ini bentuknya mirip kancing bundar, berwarna putih. Rasanya lezat dimasak dalam berbagai hidangan seperti pizza, sup, dll.

2. Jamur kuping.
Warna jamur ini coklat agak gelap, dan bentuknya mirip kuping dengan tekstur tak teratur. Rasanya lezat saat dimasak menjadi sup. Sering dijual di pusat perbelanjaan dalam keadaan kering.

3. Jamur tiram.
Jamur ini warnanya putih dan sudah banyak dibudidayakan oleh petani. Rasanya lezat dan mirip daging ayam. Bentuknya mirip tiram laut, lebar dan bergerombol.

4. Jamur shitake.
Jamur shitake warnanya agak kecoklatan, dengan bentuk pendek gemuk. Rasanya juga lezat, dan kaya protein serta asam amino.

5. Jamur enoki.
Jamur ini biasanya dijual di mal tertentu. Bentuknya panjang bergerombol mirip kecambah dengan kepala mirip jamur kancing. Warnanya putih dan kerap digunakan sebagai teman makan sabu-sabu, hidangan khas Jepang.

Nah, itulah beberapa jenis Jamur yang Bisa Dimakan. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda yang hobby makan jamur. Selain jamur, ternyata ada beberapa tumbuhan yang ada di sekitar kita yang banyak mengandung manfaat, seperti Buah Apel dan Buah Manggis. Mau tau manfaatnya keduanya? Baca selengkapnya di blog ini.

0 comments:

Post a Comment